Cara Mengikuti RUPS

Cara Mengikuti RUPS

Di luar sana banyak banget temen temen investor ritel yang baru yang bertanya, Cara mengikuti RUPS gimana sih? Di RUPS nanti ngapain aja? Terus kalau saham aku cuma 1 lot apa bisa ikut?

Gini gini peeps saham yang kita miliki adalah bukti kepemilikan perusahaan. Nah, sebagai seorang pemilik perusahaan, meski hanya satu lot dari berjuta juta bahkan bermilliar milliar lot saham yang beredar, kamu mempunyai hak untuk menghadiri atau mengikuti RUPS ( Rapat Umum Pemegang Saham perusahaan)

Keuntungan mengikuti RUPS

Keuntungan dari mengikuti RUPS adalah kita bisa menyuarakan pendapatmu karena kita punya hak untuk itu. Saat RUPS kita tahu keputusan keputusan penting yang terjadi. Jadi kamu tahu rencana kedepan perusahaan ngapain aja sih. Untuk kalian yang value investing atau investasi jangka panjang kalian gak ragu, karena kalian kenal program kerjanya, tau keputusannya dan siapa manajemennya.

Sebagai salah seorang pemilik perusahaan, sekalipun kecil porsinya, kamu berhak untuk ikut menyuarakan isi pikiranmu di sana. Lebih jelasnya gini : Bursa Efek Indonesia menegaskan bahwa RUPS adalah pengambilan keputusan tertinggi untuk pemegang saham. RUPS berfungsi sebagai sarana untuk mendapatkan informasi dari manajemen, mengemukakan pendapat, dan melakukan voting/memberikan suara terkait kepentingan bisnis perusahaan.

Ada satu lagi nih keuntunganya. Kita juga akan mendapat souvenir dan mendapat makan siang gratis dari perusahaan hehehehe. Menurut saya RUPS itu udah kayak healingnya investor hahaha

Syarat menghadiri RUPS

Berdasarkan prosesnya, direksi dan dewan komisaris akan memanggil para pemegang saham sebelum menyelenggarakan RUPS melalui penetapan tanggal RUPS.

1. Memiliki dan menyimpan saham minimal satu lot

Jangan kaget, iya cuma butuh satu lot kok. Sedikitnya satu lot harus kamu simpan di portofoliomu saat cum date hingga dua hari bursa sebelum recording date. Cum date adalah istilah untuk tanggal terakir seseorang dapat mencatatkan diri sebagai pemegang hak. Sedangkan recording date adalah istilah untuk tanggal pencatatan kepemilikan saham oleh KSEI. Intinya untuk menghadiri RUPS kita bisa membeli sahamnya dan kita pegang sampai setelah cum date. Setelah recording date selesai kamu bisa jual kembali sahammu, tidak masalah, kamu tetap mendapat hak untuk ikut RUPS-nya.

2. Membawa Konfirmasi Tertulis Untuk RUPS (KTUR)

KTUR adalah bukti keikutsertaan kita untuk menghadiri RUPS. Kita tidak akan menerima undangan begitu saja dari perusahaan yang sahamnya kamu beli, kamu harus meminta KTUR untuk bisa hadir di RUPS. Lah cara mintanya gimana ?

Seminggu sebelum jadwal RUPS kamu wajib meminta KTUR melalui sekuritasmu melalui email. Nah beruntungnya kamu kalau pakai aplikasi ajaib karena kamu cukup chat melalui aplikasi Ajaib untuk meminta KTUR jika kamu adalah nasabah sekuritas Ajaib. Jika sudah KTUR akan di email, dan jangan lupa saat RUPS kalian cetak sebagai syarat masuknya

Untuk kalian yang belum punya akun Ajaib yuk daftar dengan kode referall saya : rahab3wk atau bisa juga dengan link berikut ini : https://referral.ajaib.co.id/N8Yj . Daftar dan cukup deposit 50 ribu dan besoknya kamu bisa dapat saham 1 lot. Buruan daftar ya.

3. Bawa KTP

Simpel padat jelas, karena saat masuk selain menunjukan KTUR kita juga harus menunjukan KTP

Caranya tahu ada RUPS gimana?

Ada 2 cara : Pertama kamu dapat email dari eproxy ksei atau bisa juga kalian cek jadwal RUPS di situs Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) www.ksei.co.id/publications/corporate-actions-schedules/rups-rupo

Sekian dan semoga bermanfaat ^_^ , God bless you all

Baca Juga :

1. Prospek Emiten Logistik (PPGL)

Pos dibuat 75

Yuk Kasih Komentar, Kritik atau Saran Disini :

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: