Fotografi Bergaya Folk

Sebelumnya sepanjang 2015 – 2017 ini popuralitas fotografi sebagai seni atau entah hobi lagi meroket banget. Menurut aku pribadi ini juga dipengaruhi sama medsos instagram sebagai platform sharing foto yang epik. Yah kira kira begitulah yang mempengaruhi sesorang untuk membuat foto yang bagus,unik sekaligus mulai banyak genre fotofrafi yang tercipta. Contohnya : Street, Urban dan FOLK. nah udah pada tau kan style folk ini keren banget dan saya akan bahas tentang genre fotografi ini sekarang.

Awal dari Folk Photography

Folk fotografi ini sendiri dasarnya bergantung sama Alam hampir sama kayak landscape fotografi, tapi eitss folk photography ini punya dasar yang otentik menurut aku, karena tiap kali liat foto foto bertema folk aku jamin kalian liatnya kek adem, asri, tenang gitu dan jadi pengen bersendiri di alam nan syahdu. lebih lengkap tentang perbedaannya aku jelasin dibawah deh bro.

Faktor lain ? Yang bikin populer apasih ?

gak lain dan gak bukan sih popularitas genre ini dipicu makin banyaknya Traveller di Indonesia. Kamu pasti nggak asing dengan banyaknya orang yang mulai mendaki gunung (*tapi jangan jadi Pendaki alay yang nyampah), camping, atau sekadar getaway ke tengah alam terbuka di pekan hari raya kayak gini atau libur natal dan tahun baru. Mengingat negara kita Indonesia Tercinta ini kaya destinasi wisata alam bro !  setuju gak sam ? (*nb : sam itu bahasa malangnya mas, wkwkwkw) .

Bedanya sama Landscape ?

Ini yang buat folk itu epik karena Perbedaan, ya soalnya berbeda itu asik apalagi kalau tetap satu jua (PESAN MORAL :D) . jadi gini genre ini justru menangkap momen interaksi manusia dengan suasana alam. contohnya : kalian foto petani kopi pas lagi kabut, kalian bakar api unggun di malam hari yang berbintang, kalian camping, ngopi di gunung. pokoknya gitu deh. gak paham? gampang dah ntar juga kalian paham.

image by : Panggalu Ari.

Genre foto inu bakalan makin disukai seiring dengan meningkatnya kesadaran tentang indahnya alam Indonesia. Promosi wisata alam yang makin gencar turut memengaruhi tren fotografi satu ini.

Uniknya, fotografi folk ini juga punya kesan tenang yang tampil serasi dengan aliran musik yang hangat dan menghanyutkan kayak folk itu sendiri. Nggak mengherankan kalau genre tersebut makin populer seiring dengan makin berkembangnya genre musik folk di Indonesia. nah karena aku sendiri suka musik folk aku juga bahas disini.

Ok sekian dulu pengenalan saya tentang genre ini, untuk gimana kak ambil gambarnya ? Light gimana ? tone sama editnya gimana ? komposisi? ok gua bahas di next artikel berikutnya satu satu kok bro.

Salam Hangat : Panggalu Ari

 

Pos dibuat 55

Yuk Kasih Komentar, Kritik atau Saran Disini :

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: