Menyulap Kopi Robusta

Hallo Bro and Sist balik lagi saya ngeblog di awal Agustus yang masih penuh semangat ini mungkin karena gajian masih banyak ahaahahah šŸ˜€ , tetep semangat kok selama ada secangkir kopi masih bisa di sruput selama kehidupan ini.

Ngomong ngomong soal kopi nih aku ada sedikit resep atau ilmu yang mau aku bagi. Bener kali ini saya kan membahas tentang menyulap kopi robusta. Kok menyulap, iya jadi gini kemaren tuh saya abis berkelana di Bromo jalan jalan sambil cari kopi kalau nemu tapi gak nemu nemu alhasil saya pulang ke rumah tangan kosong, Nah tiba tiba mama bilang kalau dapet kiriman kopi dari bude di Bojonegoro, “kopinya dari temanggung dek, Robusta” kata mama. akhirnya saya roasting tuh kopi dengan level medium to dark. setelah itu saya buat campuran espresso atau kadang saya tubruk atau french press. udah berakhir seperti itu dengan cita rasa robusta yang hanya dapet bitter,smoky dan nutty doang biasanya. Nah dari sini saya berpikir kreatif untuk, gimana nih ciptaiin cita rasa baru biar kopinya punya cita rasa arabica. Ini bukan bertujuan merusak cita rasa sebuah kopi, bukan. tapi BEREKSPERIMEN. karena manusia selalu tak luput dari mencoba apalagi hal baru, dan karena kopi adalah passion saya. yang berarti passion itu cinta dan cinta itu kebebasan sendiri jadi saya harus bebas berkreasi.

Ok langsung aja follow this step :

Bahan :

  1. Biji Kopi Robusta
  2. Spice / Rempah rempah / empon empon seperti (kayu Manis, Kapulaga dan lain lain sesuai selera kalian)

step :

  1. Siapin alat perang : server, gelas, thermo, kettle, digital coffee scale, v60, and of course kopi robusta kalian
  2. Seduh air sampai mendidih, lalu diamkan sampek suhunya 93 derajat, gak harus 93 sih mainin suhu di angka 80-90 juga gak papa, ukur suhunya pakek thermo ya jangan tangan bro and sist di celupin aku sangat tidak menyarankan wkwkwkwkw.
  3. Tuangin air ke kettle lalu tambahkan bahan ke seperti kayu manis atau kapulaga di kettle yang berisi air hangat tadi terus aduk sampek aroma rempahnya keluar.
  4. Grind biji kopinya disini saya pakai biji temanggung robusta dengan profile roasting medium to dark dan saya giling medium. untuk brewing kopinya saya pakai 12 gram kopi dan airnya 172 gram
  5. udah sip semua silahkan kalian brewing/pouring dengan teknik kalian masing masing karena tidak ada batasan atau style yang saklek (benar/salah) dalam menyeduh kopi. dan perbedaan cara menyeduh kalian ini Indah karena perbedaan itu indah dan khas. betul kawan kawan? kalau kalian masih debat masalah teknik yang saklek gak akan ada abisnya, Back TO BHINEKA TUNGGAL IKA šŸ˜€
  6. and Voila jadi lah kopi robustamu dengan aroma dan rasa yang khas

Dan disini waktu saya coba rasanya wow saya amaze banget “ada rasa fruity dan spice karena kayu manisnya. dan bodynya lebih bold dan mouthfeel and yang wow lagi aftertastenya panjang. dan tidak terasa terlalu bitter.

sebenernya kalau kalian pengen rasa fruity, acid atau apa bisa pakek (daun mint, daun jeruk perut, atau jeruk lemon, jeruk purut / jeruk pecel juga bisa sesuai selera lidah lah. kalian bisa utik utik sendiri untuk campuran, alat seduhnya, selamat berkreasi lah kawan kawan.

sekian dari saya, terimaksih banyak sudah membaca

salam hangat dari saya Panggalu Raharja

Pos dibuat 55

Yuk Kasih Komentar, Kritik atau Saran Disini :

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: