Informasi tambahan tentang rups

Informasi Tambahan Tentang RUPS

Ada beberapa informasi tambahan tentang RUPS, yang belum sempat saya bahas di artikel sebelumnya di : Cara Mengikuti RUPS. Berikut beberapa informasi tambahan tentang RUPS

RUPS terbagi menjadi dua yaitu RUPS Tahunan (RUPST) dan RUPS Luar Biasa (RUPSLB).

  • RUPST ada setahun sekali sedangkan RUPSLB bisa terselenggara kapan saja sesuai kebutuhan.  RUPS yang biasa di hadiri oleh investor ritel adalah RUPST. RUPST di gelar maksimal enam bulan setelah tahun pembukuan berakhir.
  • RUPST biasanya berisikan laporan kinerja keuangan perusahaan, pemaparan rincian masalah yang bisa mempengaruhi kegiatan usaha perseroan, tentang penyusunan anggota direksi dan dewan komisaris dan tentang keputusan pembagian dividen.
  • Sedangkan RUPSLB biasanya diadakan untuk membahas pergantian direksi dan komisaris dan membahas rencana pelaksanaan aksi korporat seperti stock split, reverse stock split, merger dan akusisi. RUPSLB bisa di selenggarakan lebih dari sekali dalam setahun

Informasi lainnya Tentang RUPS

A. Jika kamu berada di luar negeri atau tidak bisa hadir meski kamu ingin sekali, kamu bisa meminta seseorang untuk hadir mewakilimu di RUPS.

B. Meskipun kamu punya hak suara, namun kamu baru bisa memberikan pengaruh signifikan jika kamu memiliki saham perusahaan dalam jumlah besar. Semakin banyak sahammu, semakin besar pengaruh yang bisa kamu berikan dalam menentukan arah perusahaan. Hal itu sesuai dengan yang ada dalam Pasal 85 ayat (1) “Pemegang saham, baik sendiri maupun perwakilan berdasarkan surat kuasa berhak menghadiri RUPS dan menggunakan hak suaranya sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.”

C. RUPS harus mencapai kuorum agar keputusan yang di hasilkan mewakili keputusan menyeluruh. Kuorum adalah minimum jumlah saham yang di pegang para pemegang saham. Minimal sepertiga dari seluruh saham beredar dari perusahaan, tidak termasuk saham milik pengendali, harus hadir dalam RUPS.

D. Lokasi RUPS biasanya berbeda beda dengan waktu yang berdekatan. Tapi kini RUPS bisa terselenggarakan secara online atau di sebut juga dengan e-RUPS. KSEI telah menciptakan platform eASY yang memungkinkan para investor untuk menghadiri RUPS melalui video conference.Platform eASY ini memungkinkan untuk e-proxy dan e-voting. E-proxy maksudnya pemegang saham bisa memberikan kuasa kepada orang lain, pihak ketiga, untuk mewakilinya secara elektronik. Sedangkan e-voting adalah platform digital yang memungkinkan investor hadir dalam RUPS yang sedang di gelar secara online. Dengan adanya e-voting kehadiran secara online diakui secara sah dan pemberian suaranya pun sah.

Semoga bermanfaat ^_^ , God bless you

Untuk kalian yang belum punya akun Ajaib yuk daftar dengan kode referall saya : rahab3wk atau bisa juga dengan link berikut ini : https://referral.ajaib.co.id/N8Yj . Daftar dan cukup deposit 50 ribu dan besoknya kamu bisa dapat saham 1 lot. Buruan daftar ya.

Pos dibuat 75

Yuk Kasih Komentar, Kritik atau Saran Disini :

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: