Investment Journey Ep.1 – Prospek Emiten Logistik (PPGL)

Tulisan ini saya buat sebagai investment journey saya, dimana nantinya bisa saya jadikan bahan evaluasi apabila Berhasil atau Gagal. Disini saya menulis berupa fundamentalnya serta teknikalnya, membahas industrinya, alasan saya kenapa masuk di emiten tersebut, prospek bisnisnya dan lain sebagainya. Tulisan ini bukan berarti sinyal jual dan beli. Investment Journey bertujuan untuk catatan perjalanan investasi saya pribadi. Bukan Konten Pom Pom

Disclaimer on : jangan jadikan acuan jurnal investasi saya sebagai alasan kalian melakukan transaksi jual atau beli saham, jadikan sebagai pelengkap informasi kaian, edukasi atau stocktaiment kalian saja. Keputusan jual atau beli tetap ditangan kalian masing masing.

Story Besar dibalik Prospek Emiten Logistik

Dijaman sekarang ini siapa sih yang gak pakai smartphone buat buka aplikasi e-commerce. Kalau kita belanja online deh kita ambil contoh di Tokopedia atau Shopee kita pasti pesen barang yang dikirim pihak logistik atau kurir buat sampai ke rumah kita. Tapi tau gak sih barang barang di toko online apalagi di shopee banyak banget barang yang di impor dari luar negeri (datanya bisa kalian riset sendiri), jadi yah barang impor itu dikirim ke Negara kita ya pakai Logistik ekspor impor, jasa bongkar muat, dsb.

Nah ini yang buat bisnis logistik, cargo, ekspor impor, bongkar muat, emkl, shipping line, freight forwarder itu semakin gurih. Nah biar kalian makin paham gurihnya bisnis emkl, dkk ini saya coba illustrasikan dengan diagram urutan dibawah ini tentang bagaimana industri toko online ambil barang sampai kirim barang

sumber : youtube Leo Sumadi

Gimana gurih kan? Kalau masih kurang gurih bisa saya tambahkan contoh salah satu perusahaan shipping line sekaligus bongkar muat yang perhari ini (Kamis, 19 Mei 2022) dari tahun kemaren sudah naik 1400% yaitu TMAS atau Temas Line.

Prospek Emiten Logistik

saya sempat akumulasi temas saat diharga 1509 dan saya lepas saat di harga 2200 karena saya sudah cukup merasakan kengerian, walaupun sebagian saya masih pegang. Karena dari kengerian inilah saya inisiatif mencari sebuah perusahaan yang bergerak di bidang emkl, logistik ekspor impor yang serupa. Sebenernya ada banyak banget tapi ada satu hal yang menarik perhatian saya yaitu PT. Prima Globalindo Logistik (PPGL).

Perusahaan ini terpantau menarik semenjak awal IPO di bulan Juli dengan harga penawaran yang menurut saya lumayan mahal untuk perusahaan dengan market cap 18 Milliar saat itu, karena di listing semasa covid jadi saya skip dulu deh dan nunggu momen sampai semua lumayan aman, dan momen itu pada awal maret 2022 saat saya mulai mendengar isu akan lepas masker serta kebijakan pelonggaran lain.

Sekilas Tentang Perusahaan

Prima Globalindo Logistik bergerak di bidang jasa pengurusan expor impor, transportasi, dan pengiriman barang darat, laut, maupun udara, serta menangani hal-hal lain terkait bisnis logistik. Pelanggannya sebagian besar adalah perusahaan yang menggantungkan bisnis di ekspor atau impor juga.

PPGL baru IPO di Juli 2020 dan perusahaannya sendiri baru berdiri tahun 2015, dan menariknya saat ini mencatatkan diri di papan akselerasi dan secara nilai harga masih terjangkau. Inget nilai nominal ya bukan valuasi, valuasinya nanti dulu nih sabar. Dari informasi yang saya baca PPGL di miliki oleh seorang bernama Darmawan Suryadi. Lalu, di jajaran pemegang saham juga ada nama Ibu Jap Astrid Patricia yang memegang 0,07% saham sekaligus menjadi komisaris utama. Mengulik lebih jauh, kita tahu bahwa Jap Astrid Patricia ini adalah istri dari Darmawan Suryadi.

Jadi kesimpulannya, PPGL ini dimiliki dan dikelola langsung oleh pasangan suami istri alias perusahaan keluarga gampangnya.

Client Besar PPGL

Yang menarik adalah pelanggan utama perseroan tahun lalu yaitu PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), PT Muliaglass, dan PT Torabika Eka Semesta. Dari sini kita bisa menyimpulkan kalau PPGL memegang client client hebat dan punya prospek cerah.

Pada awal Februari lalu, PPGL berhasil mendapatkan kontrak baru dengan pelanggan baru. Menurut Direktur Utama PPGL Darmawan Suryadi, perseroan memperoleh kontrak dari PT Patra Logistik, anak usaha Pertamina Patra Niaga, Kontan.co.id (03/02/2021).

Kontrak ini berisi tentang PPGL yang harus menangani sekitar 30 unit peti kemas dari Pelabuhan Tanjung Priok ke PT Pertamina RU IV Cilacap. Perseroan juga sedang menjajaki penawaran dan diskusi intensif dengan PT Trakindo utama jasa penanganan impor.

Nah gimana legit kan

Kinerja Melesat

Kinerja PPGL untuk 2021 menunjukkan pergerakan positif. Pasalnya, pendapatan emiten untuk kuartal I-2021 melesat 136,83% secara tahunan (year on year/yoy) atau Rp60,08 miliar.

Manajemen PPGL optimistis target tahun ini dapat tercapai, bahkan meningkat dibandingkan tahun lalu. Manajemen juga berharap kinerja kuartal berikutnya tumbuh dengan baik, Kontan.co.id (21/04/2021).

Lapkeu PPGL dan Kinerja

Kinerja PPGL sejak 2017 hingga 2020 cenderung meningkat. Hal tersebut bisa dilihat dari pendapatan perseroan.

Pada 2020, kontribusi pendapatan PPGL diperoleh dari jasa pengurusan transportasi dan jasa angkutan darat. Pelanggan yang meyumbangkan kontribusi pendapatan kepada perseroan adlaah FASW sebesar Rp27,90 miliar, PT Muliaglass senilai Rp23,01 miliar, MYOR sebanyak Rp21,95 miliar, dan PT Torabika Eka Semesta dengan Rp17,72 miliar.

Meski adanya perbaikan pada pendapatan, tetapi rasio keuangannya menyusut terutama pada ROA dan ROE. Hal ini berkaitan dengan kinerja saham PPGL yang harganya terus menurun sejak November 2020.

Selain itu, perseroan juga memiliki perjanjian dengan pelanggan, antara lain perjanjian kerja sama pengangkutan barang dengan FASW tertanggal 05 Mei 2020 dan dengan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk tertanggal 05 Desember 2020.

Gimana tertarik dengan Prospek Emiten Logistik ?

Next Article -> Strategi Saya Masuk PPGL & Exit Plan (Bonus Hitung Valuasi)

Baca Juga :

  1. 1. Apa itu Januari Effect ? Hanya sekedar Mitos ? Faktanya?
  2. 2. Apa itu BTC Dominance ? Hubungan antara BTC Dominance dengan Altcoin ?
Pos dibuat 75

Yuk Kasih Komentar, Kritik atau Saran Disini :

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: