Urutan Pemakaian Skincare

Halo Peeps, lama banget gak buat konten randomshare terakhir buat Agustus 2018 dengan judul : Merawat Tubuh Tanggung Jawab Siapa? , nah sebenernya konten itu tuh buat cowok, buat ningkatin awarness bahwa kaum adam bisa kok dan punya hak buat ngerawat tubuh, pakai serum dll. Lupakan faktor “Toxic Masculinity” intinya kalau mau rawat ya rawat aja, kalau mau cuma modal “Facewash dan Body Lotion ya monggo” intinya di konten dulu dan ini yang paling aku tekenin adalah tentang bagaimana menjaga dan merawat tubuh. Ngomongin merawat tubuh kita juga bisa lo pakai skincare dll, Masalahnya kaum adam tuh jarang tahu soal ginian dan kadang kaum hawa masih kebalik balik soal “Urutan Pemakaian Skincare”

Bingung Sama Urutan Pemakaian Skincare ?

Gak masalah kok peep, karena perawatan kulit memang terasa ribet alias njelimet. Apalagi, produk yang harus digunakan juga ada macam-macam, seperti toner, serum, moisturizer, dan sebagainya. Apalagi tiap produk punya tekstur beda-beda, ada yang gel, krim, atau bahkan cair. Banyak banget, deh! Hahaha. Ok langsung aja aku jelasin kita mulai dari…….

Sebelumnya jangan lupa Follow Instagram aku and Subscribe Channelku :

Subscribe YouTube

Follow Instagram

Pentingnya Urutan Pemakaian Skincare Buat Apa Sih ?

Orang bijak selalu tanya “Kenapa harus gini, Kenapa harus begitu” hahaha kurang lebih intinya saya mau bahas emang apa pentingnya urutan ? Salah satunya, karena kandungan zat aktif di dalam skincare saling bereaksi satu sama lain ketika diaplikasikan pada kulit. maka dari itu peeps, mengaplikasikan skincare sesuai urutan bisa buat kulit siap menerima kandungannya, yang terpenting dapat meningkatkan kinerja produk lebih optimal. Jadi katakanlah gini, Goals perawatan kalian tercapai maksimal. Misal “Aku pengen kulitku gak kering lagi” , “Aku pengen kulit cerah dan lembut”, “Aku pengen kulitku coklat eksotis merata”, “aku pengen control minyak berlebih”. Nah semua ini bisa dicapai dengan 2 syarat : Pertama “Zat dan Kandungan yang kalian gunakan cocok sesuai tujuan kalian” dan Kedua “Sesuai urutan serta disiplin penggunaan”

Nah, gimana udah tau pentingnya kan sekarang.yuk lah langsung aja ke Urutan Pemakaian Skincare :

1. Cleansing, Micellar water, Make Up Remover

Urutan pemakaian skincare yang paling pertama adalah menggunakan  Cleansing, Micellar water, Make Up Remover . Mengangkat kotoran dan makeup yang menempel itu tahap pertama yang wajib dilakukan, biar kulit wajah siap menerima nutrisi dari skincare selanjutnya. Pastikan juga pilih  Cleansing, Micellar water, Make Up Remover  yang sesuai dengan tipe kulit & kebutuhan kulitmu.

2. Facial Wash/Foam (Bahasa Gampangnya Sabun Muka)

Setelah kotoran atau sisa makeup yang benar-benar terangkat, urutan pemakaian skincare berikutnya adalah mencuci wajah pakai facial foam /Facial Wash . Lohh sabun muka jenisnya banyak banget ya pangs? hahaha iya intinya sesuaikan sama kebutuhan kalian. Tenang aku jelasin bedanya Facial Foam /Facial Wash. Perbedaan Foam dan Wash :

Facial foam memiliki tekstur yang lebih lembut dan menghasilkan busa. Produk ini aman digunakan sebagai pembersih wajah harian karena mampu mengangkat segala kotoran dan sisa makeup yang menempel. Keunggulan tekstur foam yaitu mampu menyerap kelebihan minyak serta sebum berlebih pada wajah tanpa mengeringkan wajah.

Sebaliknya, facial wash hadir dengan dua tekstur yang berbeda, yaitu gel dan creamy. Tekstur creamy mengandung moisturizer yang sangat cocok untuk pemilik kulit kering dengan tanda penuaan dini. Sedangkan tekstur gel yang ringan cocok untuk kulit sensitif. Kandungan anti jerawat di dalamnya juga cocok digunakan bagi kulit berjerawat. 

3. Toner

Setelah membersihkan wajah dengan facial foam/wash, urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah memakai toner. Pemakaian toner pada wajah berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit setelah mencuci muka, sehingga kulit tetap lembap. Jangan salah selain itu, toner juga dapat mengangkat sisa kotoran pada wajah yang mungkin saja masih tertinggal, lho. FYI : Bagi kalian yang punya kondisi kulit kering, gunakan toner hanya pada malam hari saja untuk mengurangi pori-pori wajah tersumbat.

Cara pakainya toner kalian bisa pakai kapas atau diteteskan langsung pada telapak tangan. Kemudian diusap secara lembut ke kulit wajah. Penting untuk diingat, pastikan dulu baik kapas yang mau digunakan, maupun telapak tanganmu sudah benar-benar bersih, Karena percuma kalau kotor wkwkwk

4. Essence

Nah ini penting gak penting bagi saya karena saya gak pernah pakai jadi kalau kalian gak mau pricy perawatannya atau njelimet alias ribet skip aja. Tapi tetep aku jelasin, Kalau toner yang kalian aplikasikan pada wajah sudah kering atau tunggu 5-10 menit, urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah mengaplikasikan essence. Pada dasarnya, essence memiliki tekstur yang sedikit lebih kental dibandingkan dengan toner. Fungsi essence ini adalah untuk mempersiapkan kulit agar siap menerima dan menyerap rangkaian skincare selanjutnya dengan maksimal. Hahaha jadi kalau serum mau tokcer pakai essense dulu sih guys

5. Serum

Setelah essence, urutan pemakaian skincare kelima ini adalah memakai serum. Sebelum pakai serum, pastikan lagi kalau essence sudah setidaknya 80% kering ya, jangan langsung aja. Karena, kalau kalian buru-buru pakai malah produk skincare yang kalian pakai bisa jadi kurang terserap dan tidak dapat memberikan nutrisi maksimal pada kulit.

6. Moisturizer / Day Cream / Night Cream

Walaupun kita sudah menggunakan toner, essence, serta serum yang berfungsi melembapkan kulit, ada skincare terakhir yang perlu kalian gunakan untuk memastikan kulitmu tetap lembap. Yes, apa lagi kalau bukan moisturizer! Sesuai namanya, moisturizer berperan besar untuk ‘mengunci’ dan menjaga kelembapan pada kulit wajah.

7. Sunscreen (Kalau Pagi)

Tahan belum kelar nih wkwkw. Urutan pemakaian skincare yang satu ini gak boleh lewat kalau mau aktifitas pagi kayak berangkat kantor or olahraga minggu pagi. Yes! everybody meet sunscreen ! Jadi, pastikan memakai sunscreen setelah moisturizer sebelum kalian memakai makeup (khusus Cewe) dan beraktivitas. biar kulit kalian aman terlindungi serta selamat sentosa dari bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan beragam masalah,

8. Sheet Mask (Saran saya pakai Mask better setelah aktifitas/malam)

UTIMATE NIH, ini skincare yang bisa digunakan untuk menutrisi kulit dan menjaga kulit wajah tetap sehat nih dan rangkaian penutup setelah semua yang njelimet atau ribet.

Pemakaian sheet mask ini bersifat opsional, tapi direkomendasikan. Kalau ingin memberikan nutrisi ekstra untuk kulit agar tetap lembap, kenyal, bercahaya dan tampak fresh sepanjang hari dengan kandungan essence di dalamnya kalian bisa gunakan setiap 2-3x/minggu. Istilahnya ini biar kalian one step ahead mencapai tujuan kulit dan planning perawatan kalian, dan pastikan sama kaya serum dan moisturizer sesuaikan kebutuhan dan target perawatan

Untuk proses penyerapan terbaik, kalian pakai selama 20 menit sambil dipijet dan tepuk tepuk pelan, inget tepuk tepuk bukan di tonjok

Well, mungkin kalau dilihat-lihat ribet yah wkwkwk, yah namanya usaha dan demi goals kulit impian, memakai skincare intinya harus disiplin. Disiplin dalam hal rutinitas pakai, aturan pakai, berapa kali anjuran pakainya. Sebelum akhir kata mungkin aku kasih liat beberapa rangkaian perawatan aku ya, beberapa aja gak semua hahaha

Bagimana Urutan Pemakaian Skincare
SERUM BY ERHA, CREAM MALAM BY ERHA, SERUM HANASUI (FOR CAMPURAN), CREAM PAGI by GARNIER, TONER DAN CLEANSING STANDARD BY VIVA, BODY LOTION BY VASELINE

Sekali lagi buat cowok gak salah kok kalian merawat seperti ini kalau saya pribadi pakai semua kecual itu tadi : Essence, karena saya gak mau ribet. Akhir kata sekian dan terimakasih telah membaca sampai akhir. Saya Panggalu Ari see you at next word.

Follow and Subscribe :

Subscribe YouTube

Follow Instagram

Pos dibuat 75

Yuk Kasih Komentar, Kritik atau Saran Disini :

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: